Wednesday, November 26, 2014

MASALAH LAPTOP YANG SHUT DOWN SENDIRI

 Assalamaualaikum Wr. Wb

Pada pagi hari ini saya akan memberikan sebuah pengalaman, pastinya pengalaman sendiri , HEHEHE , in fact . yaitu suatu ketika laptop saya, mati sendiri atau shut down otomatis tanpa saya sengaja. dan ketika saya nyalakan lagi , dan lagi , pastinya akan shut down otomatis setelah menyala hanya beberapa detik saja. Usut punya usut saya mencari apa penyebabnya yang memang hal seperti ini memang tidak bisa dibiarkan (maklum lepi satu-satunya yang ente miliki om). Setelah beberapa kali saya coba nyalakan ternyata ada hal yang ganjil yaitu kipas yang laptop saya ternyata tidak berfungsi atau berputar seperti biasanya . Biasanya lepi kebanyakan kipasnya terdapat disebelah kiri dekat dengan USB . disitu ada pembuangan udara panas jangan lah agan-agan yang mempunyai lepi dikala sedang asyik menyalakan leptop bagian tersebut terhalang sesuatu karena jika udara tidak bisa keluar akan menyebabkan lepi cepat panas dan hang . Kembali ke permasalahan yang saya dapat. setelah mengetahui bahwa kipas saya tidak berfungsi saya segera membongkar laptop saya. dan saya sangat terkejut . wooooooooooowwowooooooooooooooowow




saya mengela nafas , berfikir " ini lepi apa rongsokan brow " :v :v , ane sejenak terkejut dan ngakak , 
agan-agan dapat melihat betapa kotornya kipas lepi saya , sehingga dapat menyebabkan kipas tidak dapat berputar dengan sempurna bahkan sama sekali tidak berputar. 

Kemudian saya membersihkan kipas dengan kapas dan katerbit (pembersih telinga) dengan teratur saya membersihkan semua sela-sela yang ada pada laptop, juga agar tidak kotor yang menyebabkan menurunya kinerja lepi saya .

Hal-hal lain yang harus dihindari
1. Jangan menaruh laptop anda di tempat yang berdebu, karena dapat menyebabkan aliran pembuangan yang ada pada laptop anda dapat tersumbat.
2. Jangan menyalakan laptop selama seharian penuh karena dapat menyebabkan sirkulasi pada bagian pengeluaran yaitu kipas cepat rusak dan istirahatkan  lepi anda setiap beberapa jam
3. Jangan menginstal aplikasi yang terlalu banyak pada lepi anda , solusinya menurut saya anda bisa menggunakan aplikasi portable yang selain bisa menghemat penggunaan harddisk juga dapat menghemat RAM.
4. Gunakan antivirus yang lumayan hebat , misal avira , avast , apapun antivirus yang anda gunakan tidak ada gunanya bila anda tidak selalu mengupdate nya
 itu beberapa hal juga yang dapat menyebabkan lepi shut down secara otomatis 

Setelah selasai membersihkan saya memasang lagi semua bagian lepi saya dan mencoba menyalakan lepi , alhasil , lepi memang menyala dan seterusnya terdengar kipas berfungsi hhehehehehheeheh , usaha saya tidak sia-sia , agan agan bisa mencoba sendiri bila lepi agan men shut down sendiri secara otomatis , agan tidak perlu menghabiskan uang saku .heheheheh , selamat mecoba , semoga kali ini ilmu yang saya berikan bermanfaat 

Wallaikumsalam Wr. Wb.
  

No comments:

Post a Comment